Kursus fotografi itu tidak berguna koq!

On March 22, 2014
Kursus fotografi itu tidak berguna koq! 4.80/5 (96.00%) 5 votes

Kursus fotografi itu tidak berguna koq! Ya… judul artikel diatas bukanlah tanpa alasan. Kenapa saya bisa mengatakan hal itu tidak berguna atau sia – sia ? Ada beberapa alasan logis yang tentunya teman – teman juga (mungkin) akan setuju dengan pendapat saya tersebut. Pertama, kursus akan menjadi kegiatan yang percuma alias tidak bermanfaat jika salah memilih mentor atau pengajarnya. Ibarat kata nih, orang ingin belajar berenang tapi yang dipilih sebagai pengajarnya ya hanya bisa menguasai satu jenis gerakan renang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah kursus tentang fotografi, ada baiknya teman – teman mempertimbangkan tentang profil dari mentor atau pengajar. Sebaiknya dipilih yang memang dia seorang fotografer, semakin tinggi jam terbang dan pengalaman dia tentunya akan semakin baik ilmu yang dimiliki oleh sosok orang itu.

Yang kedua, kursus akan menjadi tidak berguna jika semua ilmu yang didapatkan, hanya berakhir pada pengetahuan saja, alias tidak pernah coba dipraktekkan. Kenapa hal itu percuma? Dari pengalaman pribadi saya selama ini, fotografi itu ilmu yang harus banyak dipraktekkan dan tidak sekali – dua kali kita belajar dari kesalahan (istilahnya trial and error). Nah kalau demikian tapi kita tidak pernah praktek, ya jadi percuma dong ilmu yang sudah dimiliki. Hal ini berlaku tidak saja pada foto wedding, foto pre wedding atau foto interior tapi semua jenis fotografi.

Hal terakhir yang dapat menjadikan proses belajar menjadi tidak berguna adalah saat kita salah memilih jenis fotografi yang ingin kita pelajari. Bingung dengan kalimat itu? Jadi penjelasannya seperti ini, ambil contoh kita tertarik belajar fotografi karena kita hobi travelling alias jalan – jalan, tapi yang kita ambil pada kursus adalah fotografi studio. Kan jadi percuma dong, yang kita pelajari tidak akan banyak membantu saat kita terapkan di lapangan (saat kita jalan – jalan ke suatu objek wisata).

Kira – kira demikian, penjelasan singkat tentang arti pentingnya memahami apa – apa yang ingin kita pelajari sebelum serius menekuni fotografi. Cukup jelas kan ya?

Semoga bermanfaat untuk teman – teman semua.

Originally posted 2013-05-16 08:52:46.

Kursus fotografi itu tidak berguna koq!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>