Memilih fotografer wedding untuk pernikahan Anda (bagian 2)

On March 22, 2014
Memilih fotografer wedding untuk pernikahan Anda (bagian 2) 3.60/5 (72.00%) 5 votes

Untuk pasangan calon pengantin yang kebetulan tidak pernah benar – benar dapat merasakan hubungan emosional pada foto – foto, Anda berdua sebaiknya melakukan interview lebih lanjut dengan beberapa fotografer (yang dirasakan bakal Anda pilih), sehingga Anda bisa mengenali kepribadian fotografer wedding tersebut.

Hal yang tentunya tidak boleh dilupakan oleh pasangan calon pengantin adalah untuk tetap menyadari dan tetap berusaha mencari fotografer pernikahan dengan budget sesuai dana yang telah dianggarkan. Memang jika melakukan hal ini, tentu Anda berdua harus meluangkan lebih banyak waktu hingga bisa menemukan fotografer yang sesuai. Setidaknya jika tidak mungkin memakai jasa fotografer yang sangat bagus, Anda berdua masih bisa berusaha mencari jasa fotografer yang bagus (satu level di bawahnya). Sama seperti layanan jasa servis professional lainnya, begitu juga dalam dunia fotografi, “You get what you spend for” (Ono rego ono rupo ~ Jawa atau sama juga diartikan dengan : Kualitas berbanding lurus dengan harga).

Ketika Anda mendapatkan paket dokumentasi tersebut diatas 5 juta rupiah, sebaiknya paket tersebut telah menawarkan 2 fotografer yang akan meliput tidak kurang dari 8 jam acara, dengan album foto eklusif (beserta soft copy nya). Pastikan Anda bersama pasangan dapat membandingkan secara imbang paket yang satu dengan paket yang lain karena seringkali paket – paket dokumentasi yang ditawarkan itu justru membingungkan.

Rata – rata paket dokumentasi yang ditawarkan berkisar antara 3 juta rupiah sampai dengan 8 juta rupiah. Meskipun ada juga paket – paket dokumentasi yang mencapai angka puluhan juta rupiah dan tidak sedikit juga paket dokumentasi yang harganya dibawah 1,5 juta rupiah. Tentu semua itu dengan kualitas yang berbeda – beda. Jangan menganggap enteng atau justru merasa terbebani oleh foto dokumentasi Anda, karena di masa yang akan datang (bayangkan 5 tahun sejak pernikahan Anda, album – album foto tersebut akan menjadi kenangan tersendiri bagi Anda berdua tentang indahnya momen pada hari special Anda) bahkan kenangan ini terasa lebih mendalam daripada sebuah video dokumentasi.

Pastikan bahwa Anda berdua bersama pasangan dapat benar-benar merasakan hubungan emosional pribadi bersama dengan fotografer Anda. Anda harus merasa nyaman mengundang fotografer wedding tersebut. Sebagai fotografer pernikahan, saya seringkali dapat dipercaya oleh calon pasangan pengantin bahkan untuk mendokumentasikan momen paling intim pada hari pernikahan (yang biasanya tidak disaksikan oleh sebagian besar tamu. Jangan pernah memakai jasa fotografer yang menganggap bahwa hari pernikahan Anda hanyalah sebagian dari pekerjaan(job wedding) mereka berikutnya.

 

Best Regards,

Ricardo de Melo

Originally posted 2013-02-17 08:05:18.

Memilih fotografer wedding untuk pernikahan Anda (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>